Sejarah Yayasan

BUILDING THE FUTURE GENERATION AS-SHOFA ISLAMIC SCHOOL

Yayasan As-Shofa adalah suatu badan yang bergerak di bidang pendidikan. Lembaga pendidikan pertama yang berada dibawah naungan yayasan ini adalah "Sekolah Dasar Islam As-Shofa". Bermula dari Ust. H. Syafwi Khalil, M.Pd salah seorang anggota mubaligh IKMI yang ingin mengembangkan lembaga pendidikan islam berkualitas di Pekanbaru. Saat ini Yayasan As-Shofa telah memiliki tanah dan bangunan sendiri yang berlokasi di Jl. T. Tambusai / Jl. As-Shofa Pekanbaru. Sebagai realisasi jangka panjang yayasan, area ini telah berdiri SMP Islam As-Shofa (tahun 2000), TK Islam As-Shofa (2005), dan SMA Islam As-Shofa (2007).

Keinginan untuk mewujudkan impian tersebut muncul ketika ustadz Syafwi pada saat memimpin madrasah Pesantren Istimewa Yayasan Masjid Al-Hikmah Pekanbaru. Ketika madrasah yang beliau pimpin menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, disaat itu pula menghalangi langkahnya. Kendala utama beliau hadapi saat itu adalah murid madrasah yang beliau pimpin merupakan murid sekolah dasar. Murid sekolah dasar yang sudah duduk di kelas VI terpaksa sering meninggalkan madrasah, hal ini disebabkan mereka harus mengikuti tambahan pada sore hari. Seringnya murid madrasah meninggalkan pelajarannya menyebabkan tujuan yang ingin dicapai oleh madrasah tersebut sulit untuk diwujudkan dengan sempurna. Saat itulah timbul ide beliau bersama istri Hj. Yulia Eriswati, S.Pd untuk mendirikan sebuah sekolah dasar yang belajar dari pagi sampai sore (Full Day School). Sekolah itu diberi nama "Sekolah Dasar Islam As-Shofa", dimana nama As-Shofa diambil dari nama pendiri yayasan ini.

Tahun pelajaran 1991-1992 dibukalah pendaftaran murid untuk pertama kali. Ketika itu mendaftar sebanyak 10 orang, dengan tenaga pengajar 4 orang. Kepala sekolah saat itu dijabat oleh ibu Salimah Harahap, BA, sedangkan ruang belajar menumpang di ruang atas Mesjid Surya Jl. Cempaka. Atas izin dari ketua mesjid yang waktu itu adalah Bapak Drs. Mukhni, ruang tersebut dipakai belajar selama 1 tahun. Alhamdulillah saat ini As-Shofa telah memiliki Tanah dan Bangunan sendiri.

Kami akan selalu berupaya menerapkan suatu sistem yang mampu membentuk kepribadian dan keterampilan perserta didik yang unggul, juga mengacu kepada empat pilar pendidikan yaitu: Learning to know, Learning to do, Learning to be, dan Learning to live together. Akhirnya kami berharap kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua siswa sehingga memaksimalkan keberhasilan anak kita.

Adinda Aurelia, Juara 2 Writing Competition Back to School 2015, EF Pekanbaru.
Haniva Haniva Sekar Deanty juara I lomba science fiction kategori umun, UNAND PHYSICS FESTIFAL 2015 di UNAND Padang.
JSN Epic template designed by JoomlaShine.com